The Dark Knight Rises: Kegalauan Batman

Puji & Syukur karena ulasan film pertama yang gua ulas di blog ini adalah The Dark Knight Rises, alias seri terakhir dari filmnya Batman yang disutradain sama Christopher Nolan. Alhamdulilahnya Bruce Wayne alias Batman masih diperanin sama Christian Bale.

The Dark Knight Rises (TDKR) ini adalah kelanjutan dari film Batman terdahulu, The Dark Knight (TDK). Gua menyarankan kalo lo belum nonton TDK, mendingan nonton TDK dulu baru nonton TDKR & baca ulasan ini. Cerita antara TDK & TDKR emang punya ikatan yang kuat, bahkan sama kuatnya kayak ikatan pendukung Barcelona & pendukung Timnas Spanyol di negara bernama Republik Indonesia ini.

Ceritanya dimulai ketika suatu hari Super Villain yang namanya Bane ngebajak pesawat ngegunain pesawat yang lebih besar lagi. Aneh sebenernya… Darimana Bane bisa dapet duit buat nyewa pesawat yang lebih besar? Asumsi gue adalah bahwa Bane didukung & dimodalin sama suatu firma teroris besar. Beda kayak musuh Batman sebelumnya, Joker yang emang ngandalin apa yang dia punya tanpa bantuan finansial darimana pun. Dari tampilannya Bane emang berbadan lebih besar daripada Joker. Tom Hardy adalah tokoh yang meranin Bane yang secara fisikal mengintimidasi buat menang adu jotos lawan Batman, tapi secara tampilan Bane jelas kalah sadis & nyebelin dibanding Almarhum Heath Ledger saat doi meranin Joker.

Akibat skenario yang dibuat sama Komisaris Polisi Gotham City, Jim Gordon, selama 8 tahun Batman teridentifikasi sebagai penjahat Gotham City & selama 8 tahun juga Gotham City hidup dari bayang-bayang bahwa Harvey Dent adalah pahlawan sesungguhnya bagi Gotham City, walaupun sebenernya Harvey Dent adalah Two Face yang ngebunuh atau bikin skenario yang akhirnya ngebunuh pacar Batman di The Dark Knight. Batman ngilang selama 8 tahun & Bruce Wayne hidup dalam kegalauan ditinggal mati pasangan hidupnya. Bruce Wayne hidup menyendiri di Wayne’s Castle, Bruce hidup dalam kegalauan, nggak pernah lagi keluar malem-malem buat berperan sebagai Batman atau buat dugem demi nyalurin hasratnya sebagai jutawan filantropi kebanggaan Gotham City. Mungkin selama 8 tahun dalam kegalauan yang dilakuin Bruce Wayne adalah ngupdate status di facebook atau maenin hashtag #galau di twitter, sampai ada yang komen balik ke dia dengan kata-kata ‘cemunggguudhh eaaa kakak’

Sampai suatu saat, disuatu malam disaat acara penyandang dana digelar di kediaman Bruce Wayne. Doi ketemu dengan perampok sexy nan cantik yang memiliki nama asli Selena Kyle. Selena Kyle ngerampok kalung warisan emaknya Bruce Wayne & disitu baru keliatan bahwa sosok Bruce Wayne yang identik dengan galau itu sekarang udah make tongkat buat nyanggah kakinya yang cacat karena nggak pernah dipake buat lompat-lompat gedung kayak dulu dia masih jadi Batman. Bruce Wayne adalah sosok cowok renta yang lemah terhantam kegalauan. Ini sebenernya cerita superhero bernama Batman atau cerita cowok galau bernama Bruce Wayne?

Balik lagi ke masalah Selena Kyle yang diperanin sama Anne Hathaway. Selena Kyle kemudian berubah menjadi sosok entah itu jagoan atau penjahat bernama Catwoman & seperti cerita komiknya, Catwoman adalah maling paling seksi dalam sejarah kehidupan Batman. Lewat Catwoman mulai kebongkar semua strategi konspirasi kejahatan buat ngehancurin kerajaaan bisnis Bruce Wayne. Lalu tiba-tiba Bruce Wayne jatoh miskin & karena jatoh miskin akhirnya Bruce Wayne tidur sama cewek milyarder yang namanya Miranda Tate. Hal yang aneh, disaat seseorang jatuh miskin seharusnya dia nggak punya naluri sedikit pun buat tidur sama cewek, minimal yang ada di kepala dia adalah gimana caranya ngebalikin kekayaannya, tidur sama cewek adalah urusan kesekian, tapi itu nggak berlaku buat Bruce Wayne alias Batman. Aneh.

Karena Gotham City ada dalam masalah pelik dibawah ancaman Bane, maka mau nggak mau Batman musti turun gunung setelah 8 tahun nggak nangkepin penjahat. Cuma kali ini penjahatnya dipersenjatai dengan peralatan canggih & pasukan yang sama kejamnya kayak anggota La Cosa Nostra. Batman ngalamin kekalahan pas adu pukul sama Bane, semua senjata rahasia di pinggang Batman nggak berguna ngalahin kemampuan berantem Bane yang juga ternyata adalah anggota Shadow League dan murid kesayangan Ra’s Al Ghul, guru beladiri Bruce Wayne. Bruce Wayne alias Batman pun akhirnya dibuang di penjara paling neraka di bumi ini. Aneh sebenernya, kenapa kok penjara adanya di Sumur? Gua jadi inget sumur mbah gua di jawa. Apa nggak ada penjara yang lebih keren? Di Singsing Island atau San Quentin?

Sewaktu Bruce Wayne dipenjara itu akhirnya Bane bisa nguasain Gotham City dengan modal pasukan & senjata yang PASTI bakalan dipake teroris mana pun dalam film Hollywood buat ngintimidasi dunia: NUKLIR! Gotham City berubah jadi kota dimana hukum mutlak menjadi milik rakyat & proses pengadilan dipimpin oleh rakyat yang rata-rata adalah kaum proletariat. Gua jadi ngerasa ide dibalik film ini adalah bikinan Karl Marx.

Sampai akhirnya Bruce Wayne bisa kabur dari Penjara Sumur buat come back & nyelametin Gotham City. Cara nyelametin Gotham pun sebenernya bisa dilakuin dengan durasi 1 jam film ini dimulai. Batman akhirnya bisa menang adu tinju lawan Bane setelah Batman ngincer titik lemah Bane dibagian mulutnya dimana Bane make alat bantu pernafasan. Kenapa nggak dari awal aja coba? Kalo Batman bisa punya alat sedemikian canggih ciptaan Lucious Fox (Morgan Freeman) kayak Batpod atau Batwing, kenapa nggak Batman minta Fox buat bikin alat penghancur yang dipasang di sarung tangan Batman buat ngeledakin mulut Bane. Akhirnya pun juga Bane kalah dengan cara paling gampang setelah ditembak pake laser di Batpod yang ditembakin sama Catwoman. Cara kalah yang aneh setelah ngelewatin 3 jam kurang nonton film ini.

Film ini berdurasi 3 jam kurang, Christopher Nolan make sebagian besar durasinya buat maenin drama lakon Batman dalam sisi paling touchy & galau. Oke deh, gua emang bukan Fanboy DC Comics, tapi gua ngaku bahwa dialog antara Master Bruce & Alfred menyita perhatian lebih dengan momentum dimana Alfred nunjukin rasa sayangnya ke Bruce Wayne. Selebihnya ekspektasi gua tentang adegan jegar-jeger ala Hollywood action nggak gua dapetin di film ini. Isi film ini ya cuma ngobrol-drama-galau-berantem-ngobrol-ngobrol-ngobrol-kerusuhan-ngobrol-perang-selesai. Komposisinya kurang baik buat film action superhero yang udah ditunggu setahun lebih.

Kalo ditanya, porsi apa yang dikedepankan dalam franchise Batman kali ini? Jawaban gua ya adalah bahwa ini adalah film Batman tergalau. Christian Bale emang jago maen film Galau kan? Anne Hathaway cuma sebagai pelengkap Boner dengan nunjukin keseksiannya berbalut latex suit & naik Batpod. Selebihnya ini adalah Action Hero yang dibikin galau & didukung oleh pemeran pembantu yang pada akhir film kita bakalan tau bahwa pemeran pembantu itu bakal maen sebagai sidekick di sequel Batman selanjutnya. Pemeran pembantu yang galau itu emang pernah ngejalanin kegalauan 500 hari gara-gara seorang cewek bernama Summer.

Namanya Joseph Gordon-Levitt di film TDKR ini dia maen sebagai Blake, dan bisa dipastiin di film selanjutnya dia bakal meranin: ROBIN!

PS.
Sebelum tulisan ini gua post, gua dapet kabar gempar bahwa saat launching The Dark Knight Rises di Colorado, seseorang yang ngaku terinspirasi Joker ngebantai para penonton yang ngantri film ini. Doa gua buat mereka yang terbantai & sungguh Nggak ada seseorang pun layak mati demi film ini. Titik.

Amin.

4 comments

  1. ga rela! joseph gordon levitt jadi robin. tidak seharusnya doi jadi icon homo! tidak seharusnya!!!!

    1. Emang Robin Homo ya? Homo yang Galau :p

  2. YA EMANG BISA DITEBAK BANGET KLO BLAKE BAKAL JADI ROBIN DIFILM SELANJUTNYA…

    1. emang bener friend, pertanyaannya apa Nolan masih jadi Sutradara film selanjutnya? :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: